Perkembangan Bayi

Tahap Perkembangan Bayi

Perkembangan bayi saya bagaimana ? Mungkin pernah terlintas dipikiran Anda pertanyaan seperti itu atau mungkin anda pernah mengalami kekhawatiran bahwa perkembangan bayi anda tidak seperti yang diharapkan dan bertanya-tanya apa artinya ini bagi masa depannya. Membandingkan perkembangan bayi Anda dengan bayi lain tentu hal ini adalah tidak tepat, mengapa? Jelas karena kondisi tiap bayi dan perkembangannya juga berbeda. Semua bayi mungkin berkembang pada urutan perkembangan yang sama namun tentu pada tingkat yang sama sekali berbeda. Misalnya seperti ini, jika ada bayi pada umur yang sama lalu yang satu sudah mulai bisa berjalan dan yang satu belum bisa jalan dan masih merangkak maka hal ini masih tergolong wajar karena mungkin tiap anak memiliki tingkat perkembangan yang berbeda, mungkn saja esok hari anak anda bakal mengalami perkembangan yang pesat, namun jika anda merasa khawatir terhadap perkembangan bayi atau buah hati anda maka ada baiknya jika anda berkonsultasi dengan Doktor yang pernah merawat bayi anda atau Doktor spesialis anak. Dibawah ini adalah rangkuman kategori Perkembangan Bayi:

Perkembangan bayi dibagi menjadi empat kategori:

  • Sosial: Pada tahap perkembangan bayi ini kita akan mengetahui bagaimana bayi Anda berinteraksi dengan wajah manusia dan suara, berkemampuan untuk bermain dengan anggota keluarga atau orang orang di sekitarnya. Contohnya termasuk belajar untuk tersenyum dan mendekut. Keterlambatan sosial mungkin menunjukkan adanya masalah dengan penglihatan atau pendengaran atau dengan perkembangan emosional atau intelektual.
  • Bahasa: Disini semua ibu pasti akan bahagia sekali karena pada tahap perkembangan bayinya ini bayi akan mulai belajar untuk membuat atau meniru beberapa kata yang sering di dengarnya dan bahkan mulai memahami apa yang dikatakan orang orang yang ada di sekitarnya.
  • Perkembangan motorik besar: Pada bagian perkembangan bayi ini kita akan melihat bayi anda mulai belajar memegang kepalanya, duduk, menarik, berguling, dan berjalan. Ini adalah contoh dari perkembangan motorik besar. Permulaan yang sangat lambat sebaiknya dievaluasi untuk memastikan tidak ada risiko fisik atau kesehatan bagi perkembangan normal bayi anda.
  • Perkembangan motorik kecil: Koordinasi tangan, menjangkau, mulai belajar menggenggam dan menggerakan benda adalah contoh dari tahap perkembangan  bayi motorik kecil.

Perlu kita ketahui bahwa perkembangan bayi antara anak laki laki dan perempuan sungguh berbeda, dimana semuanya itu dipengaruhi oleh perkembangan otak mereka ketika masih dalam kandungan. Otak bayi atau anak laki-laki tumbuh sedikit lebih besar secara keseluruhan daripada otak wanita, meskipun makna ini tidak begitu dapat dijelaskan.

Beberapa hasil dari sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa pada anak perempuan daerah otak yang membantu untuk mengontrol bahasa dan emosi cenderung lebih besar dari pada anak laki-laki. Bagian dari otak yang menghubungkan bagian otak kanan dan kiri juga lebih besar pada anak perempuan daripada anak laki-laki. Beberapa ilmuwan berasumsi bahwa ini  berarti bahwa anak perempuan cenderung menggunakan kedua sisi otak kanan dan kiri untuk memecahkan masalah, sedangkan  pada pria telah ditemukan memiliki area sedikit lebih besar dari otak yang mengontrol emosi jauh lebih dalam, seperti rasa takut. Inilah sedikit perbedaan dari perkembangan bayi jika dilihat dari segi perkembangan otak mereka

Oleh karena itu, untuk para ibu muda atau keluarga yang baru saja mendapatkan anak pertamanya sebaiknya perlu membaca artikel-artikel perkembangan bayi atau tips perkembangan bayi guna menambah pengetahuan tentang  cara merawat bayi dan mengetahui sejauh mana bayi anda telah berkembang pada usianya, dan mungkin sebagian bisa Anda temukan di situs ini.

Artikel terkait Perkembangan bayi :


(Visited 25 times, 1 visits today)