Perkembangan Bayi 4 Bulan

TAHAP PERKEMBANGAN BAYI 4 BULAN


Pada perkembangan bayi 4 bulan ini sang buah hati akan semakin aktif, dan suka diajak bercanda. Mampu memegang benda dengan baik dan bisa meraihnya dari tangan anda, hal ini pertanda bahwa sang bayi sudah mampu mengontrol kaki dan tangannya dengan cukup baik, namun tetap hati-hati karena pada umur-umur ini bayi suka memasukan apa yang dipegangnya ke dalam mulut.

Berat badan bayi diusia ini berkisar antara 5,0 sampai 6,0 kg, sedangkan tinggi atau panjang tahapan perkembangan bayibadan bayi adalah sekitar 56,5 sampai 62,5 cm. Namun demikian pada usia 4 bulan ASI EKSKLUSIF tetap menjadi makanan utama hingga usia menginjak 6 bulan, bayi tidak perlu diberikan makanan tambahan karena ASI masih cukup untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya sampai usianya menginjak 6 bulan.

Untuk urusan tidur, bayi umur 4 bulan ini sudah bisa dibilang cukup teratur, namun ingat karena dia sudah semakin aktif maka hati-hati menjaganya,  karena ditakutkan jika dia ditidurkan di tempat tidur biasa dan bukan pada box bayi  maka pada saat dia bangun akan berguling dan terjatuh dari tempat tidur.

Bayi sudah bisa tengkurap dengan sendiri dengan menggulingkan badannya ke kanan atau kekiri, sudah mampu mengangkat kepala dan badannya menggunakan dorongan kedua tangannya. Bunda bisa juga memancingnya belajar merangkak guna melatih otot-ototnya dengan meletakan mainan didepan bayi, sehingga bayi akan berusaha meraihnya.

Mungkin yang lebih lucu lagi yaitu pada saat bayi dimandikan, bayi akan suka memercikan air menggunakan kaki dan tangannya. Selain itu bayi akan lebih sering bergumam atau berceloteh dengan suara-suara baru selain tertawa. Bayi juga sangat mudah tertawa terlebih jika Anda mengajaknya bercanda, bermain ci-luk-ba atau memanggil-manggil namanya akan menjadikan bayi tertawa gembira. Itu semua menandakan bahwa tingkat emosi bayi sudah semakin baik, bayi sudah mulai bisa menunjukan emosinya disaat dia senang dan sedih.

Pengelihatan bayi pada perkembangan bayi usia 4 bulan ini sudah sangat baik dibanding bulan sebelumnya, dia sudah mulai menghafal wajah-wajah orang yang ada disekitarnya, dan senang memperhatikan orang yang sedang mengobrol. Jadi sekali-kali mengajaknya berjalan-jalan sambil menggendongnya bisa menjadi rutinitas yang menyenangkan buat Anda dan bayi Anda.

Namun perlu untuk diperhatikan adalah, bahwa setiap anak mungkin tingkat perkembangannya berbeda-beda, tergantung dari situasi dan kondisi. Bulan ini mungkin anak Anda telat untuk bisa tengkurap dibanding bayi lain pada usia yang sama, namun siap tahu pada bulan berikutnya dia malah mengalami perkembangan yang pesat. Akhir kata semoga artikel Perkembangan Bayi 4 Bulan ini berguna bagi semua, untuk artikel perkembangan bayi lainnya bisa disimak pada halaman berikutnya.


Image Source :
Perkembangan Bayi 4 Bulan - foto by Roy Caruana Clark at http://www.sxc.hu/profile/rccclark


Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi, Perkembangan Bayi and tagged , , , . Bookmark the permalink.