Perkembangan Bayi 5 Bulan

PERKEMBANGAN BAYI 5 BULAN


Pada perkembangan bayi  5 bulan ini berat badan bayi normal berkisar antara 5,5 sampai 6,5 kg, jadi pada usia 0 – 6 bulan rata-rata pertambahan berat badannya adalah 500 sampai 600 gr/ bulan. Sedangkan untuk tinggi atau panjang badan bayi adalah 58 sampai 64,5 cm, jadi pertambahan panjang tubuh bayi dari umur 0 – 6 bulan adalah 2,5 cm.

Pada bulan-bulan ini bayi sudah menunjukan kesukaannya terhadap warna dasar yang mencolok. Selain itu bayi juga sudah mulai mampu mengenali wajah orang  yang selalu dekat dengannya yaitu orang tuanya. Terkadang sang bayi akan menangis jika ayah atau ibunya tidak ada disisinya, begitupun sebaliknya disaat dia menangis karena suatu dia akan berhenti menangis jika dihampiri orang tuanya atau mendengar suara orang tuanya, hal ini pertanda bahwa dia sudah mampu mengenali jika namanya dipanggil.

Bayi juga sudah bisa berguling dari sisi yang satu ke sisi yang lain, dan sudah bisa tengkurep. Selain itu bayi juga sudah bisa belajar duduk sendiri untuk beberapa detik, untuk itu beri bantal dikanan atau kirinya supaya menjaganya supaya tidak jatuh. Lama-kelamaan bayi akan belajar bagaimana menjaga keseimbangan gar dapat duduk dengan sempurna, dan biasanya pada usia 7 bulan bayi sudah bisa duduk sendiri.

Dalam hal menggenggam benda, di perkembangan bayi 5 bulan ini tangan bayi sudah semakin baik dalam memegang, serta sudah dapat memindahkan benda yang dia pegang dari tangan satu ke tangan yang lain. Bayi juga sudah mulai bisa menarik perhatian orang lain dengan cara tersenyum atau mengoceh, atau terkadang dengan cara menjatuhkan atau melemparkan benda yang dia pegang dengan harapan orang lain mengambilnya dan diberikan lagi kepadanya.

Di akhir artikel tidak bosannya Bayi7.com ingatkan bahwa setiap anak memang mempunyai kemajuan dan perkembangan yang berbeda antara anak yang satu dengan yang lainnya, tergantung situasi dan kondisi. Jika Bunda merasa ada yang aneh dengan perkembangan bayinya maka sebaiknya konsultasikan dengan Dokter anak terdekat. Semoga artikel Perkembangan bayi 5 bulan ini bermanfaat buat semua, Bunda bisa menyimak artikel perkembangan bayi bulan berikutnya pada artikel selanjutnya.



(Visited 46 times, 1 visits today)