Perkembangan Bayi 6 Bulan

TAHAP PERKEMBANGAN BAYI 6 BULAN


Pada perkembangan bayi umur 6 bulan ini, berat badan bayi normal berkisar antara 6,0 sampai 7,0 kg, sedangkan untuk tinggi atau panjang tubuh bayi berkisar antara 59 sampai 66 cm. Pada tahap ini sang bayi akan senang sekali berguling guling dan tengkurap, serta sudah lancar mengangkat badan dan kepalanya pada posisi tengkurap dengan kedua tangannya.

Selain itu bayi juga akan terlihat belajar duduk sendiri tanpa bantuan orang tuanya meskipun terkadang masih terjatuh lagi karena keseimbangannya belum sempurna, mungkin pada umur 7 bulan sang bayi sudah bisa duduk sempurna. Seorang bayi akan mampu untuk duduk jika dia sudah dapat manahan kepalanya sendiri untuk tegak. Untuk menstimulasi agar kepalanya dapat tegak biasanya beberapa orang tua suka mengajaknya bermain, caranya adalah pada saat bayi tengkurap berikan mainan yang berwarna mencolok didepannya, kemudian angkat mainan tersebut supaya bayi mengangkat kepala dan badannya mengikuti arah gerakan mainan yang anda pegang. Hal ini dilakukan guna melatih otot leher supaya makin kuat.

Setelah bayi mampu untuk duduk namun keseimbangannya masih kurang biasanya beberapa orang tua melatihnya dengan meletakan mainan didepannya pada saat bayi sedang posisi duduk, namun letakanlah mainan tersebut diluar jangkauannya. Namun bunda tetap harus perhatikan jika pada usia 6 bulan ini sang bayi belum juga mampu menegakan kepalanya sendiri, atau belum juga mau belajar duduk maka Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan Bunda.

Pada usia perkembangan bayi 6 bulan ini juga bayi akan mulai mengingat wajah orang-orang yang sering dekat dengannya selain orang tuanya. Dia akan menjerit dan tersenyum guna menarik perhatian, namun mungkin juga akan menjadi sebuah jeritan karena merasa tidak diperhatikan.

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh Bunda adalah bahwa pada usia bayi umur 6 atau 7 bulan ini biasanya gigi susu bayi sudah mulai tumbuh. Tumbuhnya gigi biasanya akan membuat sang bayi akan sedikit rewel atau mungkin juga demam, hal ini karena ketidak nyamanan ketika gigi mulai keluar dari gusi. Untuk lebih lengkapnya Bunda bisa membacanya disini >> Tumbuh Gigi Pada Bayi <<.

Datang ke dokter anak sesekali guna memonitor kondisi bayi anda mungkin perlu dilakukan guna menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga artikel perkembangan bayi 6 bulan ini bermanfaat, simak informasi perkembangan bayi lainnya pada artikel selanjutnya.


Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi, Perkembangan Bayi and tagged , , , . Bookmark the permalink.