Perkembangan Bayi 7 Bulan

PERKEMBANGAN BAYI 7 BULAN


Tidak terasa sang buah hati sudah menginjak pada usia 7 bulan, pada perkembangan bayi 7 bulan ini rata-rata berat normalnya adalah 6,5 sampai 7,5 kg. Sedangkan untuk tinggi atau panjang badan bayi adalah 60,5 sampai 67,5 cm. Pada usia bayi 6 atau 7 bulan ini sang buah hati sudah bisa mulai diberikan MP-ASI atau makanan pendamping asi, berikanlah dahulu makanan seperti bubur beberapa sendok saja dalam sehari. Untuk lebih lengkapnya Bunda bisa mebacanya disini >> Makanan Bayi 0 sampai 12 Bulan <<

Normalnya pada bayi umur 7 bulan kepala sang bayi dapat tertopang dengan baik karena otot lehernya yang sudah semakin kuat, sehingga bayi sudah dapat duduk sendiri tanpa bantuan orang lain. Dia sudah memiliki keseimbangan yang dapat membuatnya tetap terduduk tanpa harus jatuh lagi. Biasanya setelah bayi bisa duduk maka dia akan mulai untuk belajar merangkak, meskipun ada beberapa bayi yang setelah duduk dia langsung belajar berdiri hingga akhirnya bisa berdiri tanpa melewati proses merangkak dahulu.

Untuk mestimulasi supaya bayi lancar merangkak Bunda bisa melakukan hal sebagai berikut, simpanlah mainan kesukaanya didepan sang bayi namun sedikit diluar jangkauan tangan sang bayi, hal ini berguna supaya bayi tergerak untuk mengambilnya dengan merangkak. Selain itu dia akan mulai senang menjelajah, apalagi jika melihat sesuatu yang membuatnya tertarik. Dia akan berusaha meraih benda tersebut dan terkedang sangat senang melemparkannya guna menarik perhatian Anda.

Selain itu seperti yang sudah disebutkan pada artikel sebelumnya, bahwa pada usia antara 6 atau 7 bulan ini gigi bayi akan mulai tumbuh, sehingga sang bayi akan terlihat banyak mengeluarkan air liur serta terlihat sering mengigiti benda-benda yang dipegangnya. Mungkin akan sedikit membuat sang Bunda repot melap air liurnya yang cukup banyak menetes.

Banyak sekali kemajuan dan perkembangan yang dicapai dari saat sang buah hati lahir hingga sampai pada tahap perkembangan bayi usia 7 bulan ini, mudah-mudahan buah hati bunda sehat selalu. Simak info perkembangan bayi selanjutnya pada artikel selanjutnya.



Bunda, jangan lupa SHARE terus artikel ini jika dirasa bermanfaat, dan supaya manfaatnya tidak berhenti sampai disini saja. Dan semoga buah hati kesayangan bunda semua selalu diberikan kesehatan, AMIN.

Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi, Perkembangan Bayi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.