Perkembangan Bayi 8 – 12 Bulan

TAHAP PERKEMBANGAN BAYI 8 – 12 BULAN


Pada Artikel perkembangan bayi 8 – 12 bulan ini kita dapat melihat perkembangan apa saja yang akan dilalui buah hati kita. Pertama untuk berat dan tinggi normal bayi usia 8 sampai 12 bulan adalah sebagai berikut :

Umur Bayi Berat Badan Bayi Tinggi badan Bayi
8 Bulan 6,8 – 8,2 62,0 – 69,0
9 Bulan 7,3 – 8,5 63,5 – 70,5
10 Bulan 7,6 – 9,0 67,0 – 74,5
11 Bulan 8,0 – 9,5 68,5 – 76,0
12 Bulan 8,2 – 9,7 70,5 – 78,0

PERKEMBANGAN BAYI 8 – 9 BULAN


Pada usia perkembangan bayi 8 – 9 bulan ini banyak sekali kemajuan yang telah dicapai. Seperti perkembangan motorik misalnya, pada usia 8 – 9 bulan bayi sudah mulai bisa duduk tanpa bantuan orang lain, pada usia 9 bulan bayi akan mulai merangkak sendiri bahkan ada bayi yang sudah mulai belajar berdiri sambil berpegangan. Dia semakin aktif dalam bergerak dan sudah pandai dalam memegang benda, dia sudah mampu mengontrol jari tangannya dengan baik.

Pada usia 9 bulan, bayi Anda kemungkinan telah menjadi perayap yang ahli. Beberapa bayi yang merangkak dapat memegang mainan di satu tangan sementara yang satu mendorong diri mereka menggunakan tangan dan kedua lututnya. Beberapa bahkan bisa merangkak naik dan turun tangga dengan mudah. Hanya pastikan Anda menjaga pintu untuk selalu tertutup kecuali Anda berada di sana untuk mengawasi bayi anda.

Dalam perkembangan sosial sang buah hati juga akan mengalami perkembangan yang cukup signifikan, seperti di umur 9 bulan  keatas dia akan mulai merasa tidak nyaman dan gelisah jika berada di tengah orang asing yang tidak dia kenal, bahkan bisa membuatnya cemberut dan akhirnya menangis.

Untuk makanan bayi Bunda bisa memberikan variasi makanan yang lebih banyak lagi. Tim bayi mungkin bisa Bunda berikan untuk bayi mulai dari  9 bulan. Bunda bisa membuat variasi tim bayi dari beberapa bahan makanan, dan Bunda bisa melihatnya disini Makanan bayi 9 bulan.

PERKEMBANGAN BAYI 10, 11, 12 BULAN


Pada umur 10 bulan bayi akan mulai aktif belajar berdiri sambil berpegangan pada sesuatu, lalu pada umur 11 bulan sudah mulai belajar berjalan namun masih berpegangan. Pada usia bayi 12 bulan kemungkinan kalau lancar bayi sudah dapat berjalan tanpa bantuan dan mencoba melangkah.

Untuk menstimulasi supaya bayi lancar berjalan adalah dengan merangsang otot kakinya, biasanya sebagian orang tua suka memapahnya sambil memegang kedua tangan bayi untuk mengajaknya belajar berjalan secara perlahan, atau bisa juga pakai kursi beroda yang banyak dijual di toko-toko peralatan bayi. Dengan kursi tersebut biasanya sibayi akan senang sekali menggerakan kakinya seakan-akan dia sudah pandai sekali berlari, namun Bunda tetap harus awasi semua pergerakannya.

Dalam hal kemampuan berbahasa, pada umur 10 bulan bayi sudah dapat bereaksi jika ada yang mengucapkan ” selamat tinggal atau dadah ” dengan cara melambaikan tangan. DI umur 11 bulan bayi sudah mampu mengucapkan kata ” mama atau papa “, dan di umur 12 bulan bayi akan semakin sering mengucapkan kata-kata yang sering dia dengar.

Untuk makanan dia sudah bisa diberikan makanan yang semakin berfariasi, apalagi jika umurnya sudah mencapai 12 bulan, maka kebutuhan asupan yang lebih bernutrisi sangat diperlukan. Makanan lunak seperti puree dan tim mungkin tidak cukup lagi memenuhi pasokan energinya, Bunda bisa memberikan beberapa resep untuk bayi seperti Sop, mashed potatoes dan lain-lain yang bisa Bunda lihat disini Makanan Bayi 1 -2 Tahun.



Bunda, jangan lupa SHARE terus artikel ini jika dirasa bermanfaat, dan supaya manfaatnya tidak berhenti sampai disini saja. Dan semoga buah hati kesayangan bunda semua selalu diberikan kesehatan, AMIN.

Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi, Perkembangan Bayi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.