Perkembangan Bayi Usia 1 Tahun

Perkembangan Bayi Usia 1 Tahun 

Perkembangan bayi usia 1 tahun pada setiap anak sangat unik dan kompleks. Walaupun anak-anak berkembang melalui urutan umum dan dapat diprediksi berdasarkan langkah dan tonggak, mereka tidak dapat melalui langkah-langkah dalam cara yang sama atau pada waktu yang sama, namun tahan demi tahapan. Perkembangan anak juga sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor di lingkungan nya dan pengalaman yang dia memiliki.

Perkembangan bayi usia 1 tahun

Perkembangan bayi usia 1 tahun

Perkembangan Anak pada usia 1 tahun, yaitu:

  • Segala sesuatu yang baru dan yang menarik pada usia 1 tahun. Mereka antusias menggunakan panca indera mereka untuk secara aktif menjelajahi dunia di sekitar mereka. Mereka menemukan kesenangan dalam menyebabkan hal yang terjadi dan dalam menyelesaikan tugas-tugas dasar. Dan membuat penemuan-penemuan saat bayi bereksplorasi.
  • Secara emosional, usia satu tahun hanya belajar untuk mengenali dan mengelola perasaan mereka. Mereka mengalami berbagai emosi dan memiliki perasaan ketika mereka lelah atau merasa frustrasi. Mereka juga dapat menanggapi konflik dengan memukul, menggigit, berteriak, atau menangis. Usia satu tahun mencari pembendaharaan kata dan mungkin berkata, “Tidak!” untuk saran dewasa atau bersikeras bahwa mereka, “Apakah byself!” Lalu, beberapa saat kemudian, mereka mungkin melekat pada kaki orang dewasa atau meminta bantuan.
  • Pada tahun ini, kemampuan bahasa biasanya berlangsung dari mendengus dan menunjuk ke mengucapkan kata-kata tunggal dan bereksperimen dengan kombinasi kata sederhana. Pengucapan cukup sulit, namun dan dewasa familiar hampir selalu perlu untuk “menerjemahkan” untuk orang lain. Usia satu tahun terus membangun kosakata mereka dengan menyerap bahasa di sekitar mereka. Mereka mampu memahami frase umum dan petunjuk sederhana yang digunakan dalam situasi rutin.
  • Meskipun satu tahun usia tidak memiliki kesadaran pada usia ini, mereka mengambil kesenangan dalam sajak dan buku dengan mengenali gambar-gambar tunggal item akrab dan terkait. Mereka mungkin menerapkan kosakata mereka tumbuh dengan penamaan gambar dalam buku yang dibaca kepada mereka. Anak usia ini juga tidak memiliki pemahaman yang benar “menulis,” tapi banyak menikmati bereksperimen dengan tanda dan coretan pada permukaan.
  • Saat Usia satu tahun bermain, mereka mulai membangun pemikiran matematika mereka dengan mengenali pola dan memahami bentuk. Misalnya, mereka melihat malam yang diikuti oleh hari dan kaus kaki sebelum pergi pada sepatu. Mereka mulai memilah benda asing oleh satu karakteristik, seperti apakah mereka “keras” atau “lunak.” Mereka dapat menikmati mengisi dan mengosongkan wadah. Mereka tahu bahwa ketika suatu objek tersembunyi, itu masih ada. Banyak juga dapat melakukan teka-teki insert sederhana ketika potongan-potongan puzzle menampilkan seluruh objek.
  • Usia satu tahun hanya menemukan kemampuan kreatif mereka. Minat mereka dalam seni difokuskan pada eksplorasi sensorik bahan-bahan seni, seperti cat dan tanah liat. Dengan musik, mereka dapat merespon dengan seluruh tubuh mereka ke ritme, melodi dan irama. Anak-anak usia ini membuat lompatan perkembangan penting dengan mulai berpura-pura saat bermain, seringkali dengan meniru gerakan orang dewasa.
  • Beberapa perubahan yang paling jelas bahwa Anda akan melihat pada anak Anda tahun ini adalah di bidang pembangunan fisik. Kebanyakan satu-year-olds biasanya bergerak dari merangkak ke berjalan sekitar 20 bulan. Mereka memegang tangan mereka keluar ke samping atau menyodok perut mereka keluar untuk keseimbangan. Kiprah mereka sedikit canggung dan kikuk dan jatuh sering terjadi. Mereka menggunakan mobilitas baru mereka untuk mendorong dan tarik mainan, tari dan memanjat. Usia satu tahun juga meningkatkan di tangan dan koordinasi jari, tapi keterampilan pada usia ini masih belum matang, sehingga mereka meraba-raba dan drop objek sering.

 


Bunda, jangan lupa SHARE terus artikel ini jika dirasa bermanfaat, dan supaya manfaatnya tidak berhenti sampai disini saja. Dan semoga buah hati kesayangan bunda semua selalu diberikan kesehatan, AMIN.

Related Posts:

This entry was posted in Perkembangan Bayi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.