Perkembangan Bayi

TAHAP PERKEMBANGAN BAYI


Haloo Bunda, terima kasih sudah berkunjung ke situs ini. Pada artikel kali ini bayi7.com mencoba mengulas tentang perkembangan bayi dari umur 0 sampai 12 bulan. Kita nanti bisa melihat, perubahan-perubahan apa saja yang sudah bayi kita lalui selama masa tumbuh kembangnya.

Kita bisa mendefinisikan bahwa pertumbuhan itu seperti ini, pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran seperti fisik bayi serta bertambahnya jumlah sel serta jaringan tubuh pada bayi. Perubahan karena pertumbuhan ini secara fisik bisa diukur seperti bertambahnya berat badan, bertambahnya panjang tinggi badan bayi dan lainnya. Sedangkan perkembangan bayi itu sendiri didefinisikan seperti berkembangnya kemampuan otak baik itu kemampuan dalam berinteraksi dan mengenal segala sesuatu yang ada disekitarnya, kemampuan dalam mengontrol semua gerakannya, kemampuan dalam berbicara dan masih banyak lagi.

Namun perlu untuk disadari bahwa, membandingkan perkembangan bayi Anda dengan bayi tahap perkembangan bayilain tentu hal ini sangatlah tidak tepat, mengapa? Jelas karena kondisi tiap bayi dan perkembangannya juga berbeda. Semua bayi mungkin berkembang pada urutan perkembangan yang sama, namun tentu pada tingkat yang sama sekali berbeda. Misalnya seperti ini, jika ada bayi pada umur yang sama lalu yang satu sudah mulai bisa berjalan dan yang satu belum bisa berjalan dan masih merangkak maka hal ini masih tergolong wajar karena mungkin tiap anak memiliki tingkat perkembangan bayi yang berbeda, mungkn saja esok hari anak tersebut bakal mengalami perkembangan yang pesat, namun jika anda merasa khawatir terhadap perkembangan bayi anda maka, ada baiknya jika berkonsultasi dengan Doktor yang pernah merawat bayi anda atau Doktor spesialis anak.

Nah untuk para Ibu muda mungkin tahapan perkembangan anak berikut ini bisa menjadi gambaran bagaimana sang bayi nanti akan berkembang dari waktu ke waktu, berikut ulasanya.

Perkembangan Bayi 0 – 1 Bulan


Setelah dilahirkan kesadaran bayi baru lahir masih bisa dibilang kabur,  jadi maksudnya adalah sang bayi belum menyadari tentang apa yang terjadi disekitarnya. Otot leher masih sangat lemah sekali sehingga bayi belum mampu menopang kepalanya sendiri, jadi sewaktu mengangkat atau menggendong bayi usahakan tangan anda menopang kepalanya menggunakan jari yang dilebarkan, untuk cara menggendong bayi yang benar Anda bisa membacanya disini >> Cara Menggendong Bayi <<. 2 minggu pertama setelah dilahirkan bayi akan masuk ke masa Neonatal. Masa neonatal adalah masa 2 minggu pertama penyesuaian bayi dengan lingkungan diluar rahim ibu. Masa ini merupakan masa tersingkat dari semua periode perkembangan bayi.

Pada masa Neonatal biasanya terjadi penurunan berat badan pada bayi yang diakibatkan sang bayi baru lahir kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan diluar rahim. Penyesuaian diri ini mencakup seperti perubahan suhu yang drastis antara didalam rahim dan diluar rahim, bernapas, menghisap, menelan dan proses pembuangan kotoran.

Pada perkembangan bayi usia 0 sampai 1 bulan, biasanya berat badan normal bayi berkisar antara 2,7 sampai 3 kg, sedangkan berat pada saat umur 1 sampai 2 bulan adalah 3,4 – 4 kg. Jika berat badan bayi ternyata kurang dari berat normal maka makanan (ASI) harus ditambah. Dengan selalu memperhatikan berat badan bayi maka diharapkan para orang tua dapat mendeteksi gangguan kesehatan pada bayinya dari sejak dini.

Sedangkan untuk panjang tubuh normal bayi umur 0 sampai 1 bulan berkisar antara 45,5cm sampai 50,5cm dan untuk umur 1 sampai 2 bulan antara 48,5 sampai 55 cm. Kenaikan tinggi badan berkisar 3,5cm/bulan. Biasanya kepala bayi 1/4 dari dari total panjang tubuh bayi. Pada periode ini menangis adalah cara bayi dalam menunjukan semua keinginannya, seperti saat dia lapar, tidak nyaman atau hal lainnya.

Perkembangan Bayi 2 Bulan


Pada tahap perkembangan bayi umur 2 sampai 3 bulan ini berat badan bayi normal adalah sekitar 4 sampai 4,7 kg. Sedangkan untuk panjang tubuh normalnya adalah 51,5 sampai 58 cm. Pada bulan kedua ini tangan bayi sudah membuka dan tidak lagi mengepal, mungkin juga sudah bisa memegang benda untuk beberapa detik lalu melepaskannya kembali.

Sang bayi juga akan mulai memperhatikan lingkungan disekitarnya, mulai belajar memperhatikan dari mana suara itu berasal dengan menggerakan matanya. Sudah mulai bisa tersenyum dan berekspresi serta mulai bisa mengeluarkan kata kata yang terdengar seperti gumaman ” eehh, aaa atau gumaman khas bayi lainnya”,terlebih memandang wajah sang ibu ketika menyusui, menyukai belaian dan usapan yang akan membuatnya nyaman dan senang.

Pada usianya yang sudah menginjak 2 bulan biasanya sang bayi akan mulai belajar atau mulai bisa memiringkan badannya ke kiri atau kekanan, ini menandakan otot-ototnya sudah mulai berkembang dan semakin kuat.

Perkembangan Bayi 3 Bulan


Pada tahap perkembangan bayi 3 bulan ini berat badan normal bayi kira kira antara 4,5 sampai 5,4 kg, sedangkan untuk tinggi badan atau panjang badan bayi adalah 54 sampai 60 cm.

Untuk tangan, bayi dia sudah bisa menggenggam benda dengan cukup baik dan mulai belajar menggoyang-goyang benda yang dipegangnya, tapi hati-hati di usia ini bayi suka memasukan benda yang dipegangnya kedalam mulut. Bunda sudah bisa memberikan mainan kepada bayi, tapi hati-hati dalam pemilihan mainan, jangan yang mengandung cat yang mudah mengelupas. Bisa juga dengan mainan yang mengeluarkan bunyi-bunyian guna melatih telinga dan daya ingatnya.

Bayi juga bisa diajak berkomunikasi dengan mengajaknya bercanda sambil memegang tangannya. Bayi juga sudah bisa menunjukan emosinya seperti ketika saat dia senang, gembira dan sedih. Dan selain itu bayi sudah bisa mengangkat kepala dan sedikit badannya keatas menggunakan kedua tangannya jika dibaringkan dengan posisi tengkurap. Dan juga sudah bisa memperhatikan sekitarnya dengan menengok.


Image Source :
Perkembangan Bayi – foto by Justyna Furmanczyk at http://www.sxc.hu/profile/just4you



Bunda, jangan lupa SHARE terus artikel ini jika dirasa bermanfaat, dan supaya manfaatnya tidak berhenti sampai disini saja. Dan semoga buah hati kesayangan bunda semua selalu diberikan kesehatan, AMIN.

Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi, Perkembangan Bayi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.