Resep Jenang Sapar Warna Warni – Menu Buka Puasa | Resep Keluarga No 6

Cara Membuat Jenang Sapar Warna Warni. Haloo Bunda semua, gak kerasa yah sebentar lagi kita masuk bulan Ramadhan, padahal rasanya baru kemarin kita menjalaninya. Tapi kita syukuri saja, mudah-mudahan kita masih diberi kesempatan untuk beribadah dibulan yang penuh berkah tersebut.

Nah kalau berbicara masalah bulan ramadhan, pasti pikiran kita gak jauh dari seputar menu spesial untuk berbuka puasa nanti. Dan kebetulan sekali neh, kali ini Bayi7.com akan menghadirkan resep yang sangat cocok disajikan saat berbuka puasa nanti, yaitu resep jenang sapar warna warni.

Jenang sapar warna warni
Jenang sapar warna warni

Resep jenang sapar ini mungkin hampir mirip dengan bubur candil biji salak yang sama-sama disiram air santan. Namun bedanya, kalau candil biji salak terbuat dari ubi dan tepung tapioka, sedangkan candil jenang sapar terbuat dari tepung ketan dan tepung beras.

Jenang sapar warna warni ini rasanya sangat enak, manis, dan segar apabila disantap dalam keadaan dingin, sehingga sangat cock jika disajikan sebagai menu untuk berbuka nanti. Bubur jenang sapar ini biasanya dibuat juga pada bulan shafar atau sapar, sehingga dari sinilah mungkin asal mula dari penamaan Jenang Sapar itu sendiri.

Video Cara Membuat Jenang Sapar Warna Warni

Jangan lupa klik tombol subscribe Channel Youtube kami yah Bunda.“we will so appreciated”

Kalau Bunda mencoba resep ini, pasti keluarga di rumah akan senang dan menyukainya. Terlebih rasanya yang enak dan juga warnanya yang colorful, apalagi kalau ditambahkan pacar cina atau sagu mutiara, uuuhh pasti makin tambah sedap.

Nah untuk membuat resep bubur jenang warna warni ini berikut bahan-bahan yang harus Bunda siapkan.

Bahan Jenang Sapar Warna Warni

Bahan candil jenang sapar:
~ Tepung Ketan Putih – 250 gr
~ Tepung Beras – 50 gr
~ Gula Putih/Pasir – 2 sdm
~ Garam – 1/2 sdt
~ Air Kapur Sirih – 1 sdm
~ Air untuk merebus
~ Pewarna makanan (merah, hijau, biru / sesuai selera)

Bahan kuah Santan Manis:
~ Santan Kental (KARA) – 1 bungkus (65ml)
~ Air Putih matang – 200 cc/ml
~ Gula Pasir – 3 sdm (bisa juga lebih/tergantung selera)
~ Garam – 1/2 sdt
~ Daun Pandan – 1 lembar

Note: Kara (65 cc/ml) + Air (200 cc/ml) bisa diganti dengan air santan biasa dengan jumlah takaran yang sama.

Untuk lebih detil tentang cara membuatnya, Bunda bisa menyimaknya via Video yang sudah kita upload tersebut.

Jenang sapar warna warni ini tak hanya enak saat disantap hangat, tapi juga enak saat sudah didinginkan didalam lemari es, rasanyaa segeeeerr banget.

Oh iya, jangan lupa juga yah lihat juga resep kelurga lainnya seperti resep nugget pisang dan resep onde onde yang sudah kita share di artikel sebelumnya. Semoga bermanfaat yah.


(Visited 1,568 times, 1 visits today)