Resep Onde Onde + Video Tutorial Step by Step | Resep Keluarga No 5

Resep Onde Onde. Kue Onde, siapa yang tak suka dengan si bulat yang penuh wijen ini. Rasanya yang lezat dan enak membuat kue Onde menjadi salah satu jajanan pasar primadona yang sangat disukai. Nah karena sangat disukai, maka tak sulit rasanya untuk menemukan kue ini di pasar, terutama di para penjual kue kue basah atau tradisional.

Lalu dikesempatan kali ini, Bayi7.com akan menghadirkan resep onde onde ini sebagai resep keluarga selanjutnya. Yang mana sebelumnya kami juga sudah menghadirkan resep lainnya seperti resep roti teflon cream bun, resep lumpia basah Bandung, dan resep resep lainnya.

Resep Onde Onde original
Resep Onde Onde original

Mudah mudahan resep-resep yang Bayi7.com hadirkan bisa menambah keceriaan ditengah keluarga Anda semua.

Video Cara Pembuatan Onde Onde – Step by Step

Jangan lupa klik tombol subscribe Channel Youtube kami yah Bunda.“we will so appreciated”

Bahan Adonan kulit Kue Onde Onde

Untuk bahan bahannya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu bahan untuk membuat kulit onde-onde dan bahan untuk isian pasta kacang ijonya.

Bahan kulit onde-onde:
~ 180 gr Tepung Ketan
~ 50 gr Tepung Beras
~ 60 gr Kentang
~ 60-75 gr Gula
~ 1/4 sdt Garam
~ Biji Wijen Secukupnya
~ 150 – 200 cc/ml Air matang hangat untuk larutan gula
~ Air matang untuk celupan secukupnya

Bahan Pasta Kacang Ijo:
~ 100 gr Kacang Hijau Kupas
~ 100 cc/ml Santan
~ 50 gr Gula Pasir
~ 1/8 sdt Garam ( 1 sendok teh kurang)
~ Vanili Bubuk Secukupnya
~ 1 sdm Mentega
~ 50 cc/ml Susu Cair

Tips jika ingin mengupas kacang hijau sendiri

Sebenarnya ini agak sedikit merepotkan karena lebih mudah membeli kacang hijau kupas dari pada harus mengupasnya sendiri, seriuss, hehehhe. Di marketplace tokopedia banyak tuh yang jual kacang hijau yang sudah dikupas.

Tapi jikalau kondisinya Bunda ingin mencoba mengupasnya sendiri yaa gapapa juga, itung itung buat nambah pengetahuan juga.

  • Pertama, rendam kacang ijo dalam air panas selama 2x, masing masing 1 jam dan per 1 jam ganti menggunakan air panas baru.
  • Saat perendeman kacang hijau yang kedua ini jika airnya sudah mulai hangat hangat kuku baru deh kita gosok gosok menggunakan telapak tangan. Saat digosok maka kulitnya akan mengelupas dengan sendirinya. Buang kulit kacang hijau yang mengambang.
  • Perlu dilakukan berulang ulang penggosokan sampai kacang hijau bersih seluruhnya.

Nah nanti kalau sobat gak mau repot mending kami sarankan beli kacang hijau kupas saja karena bisa lebih cepat dan mengehamat waktu.

Oh iya, untuk step step proses pembuatan onde-ondenya Bunda dapat menyimaknya via video saja supaya lebih jelas. Pasalnya, jika harus ditulis maka akan terlalu panjang.

Akhir kata, semoga resep onde onde ini bermanfaat untuk sahabat semua, dan tunggu resep-resep keluarga dari Bayi7.com selanjutnya.


(Visited 402 times, 1 visits today)