Resep Lontong Isi Ayam dan Sayur | Resep Keluarga No 8

Resep lontong isi ayam dan sayur. Siapa yang tidak menyukai makanan tradisonal khas Indonesia yang satu ini. Mulai dari para orang tua hingga anak-anakpun pasti sangat menyukainya. Lontong adalah makanan yang terbuat dari beras atau nasi yang diaron yang dibungkus menggunakan daun pisang kemudian di kukus.

Nah di Indonesia sendiri lontong ada beberapa jenis. Ada lontong untuk polos yang biasa disajikan bersama dengan makanan berat seperti gulai, soto, kari, dan makanan berkuah lainnya. Lontong ini biasanya ukurannya cukup besar.

Resep lontong isi ayam dan sayur
Resep lontong isi ayam dan sayur

Sedangkan ada juga lontong polos ukuran kecil yang biasanya disajikan dengan sate, pecel, dan sebagai teman untuk makan gorengan. Selain itu lontong kecil juga ada yang suka diberi isian seperti ayam dan sayur. Biasanya lontong ini disebut lontong isi saja, atau lontong isi ayam dan sayur.

Lontong
Lontong – makanan tradisional Indonesia

Nah untuk resep keluarga kali ini dapur Bayi7.com akan menshare resep lontong isi ayam dan sayur yang rasanya pasti enak sekali. Semua resep yang kami hadirkan disini semuanya sudah dipraktekan di dapur Bayi7.com. Jadi bukan sekedar share  resep tanpa percobaan.

Video Cara Pembuatan Resep Lontong Isi

Jangan lupa klik tombol subscribe Channel Youtube kami yah Bunda.“we will so appreciated”

Dalam video tersebut, semua step-stepnya sudah kita videokan dengan sangat detil. Jadi sahabat semua bisa mengikuti dan mempraktekannya dengan lebih mudah.

Bahan Lontong

Untuk bahan bahan yang harus disiapkan, dapur bayi7.com sudah membaginya menjadi 2 grup supaya lebih mempermudah. 1 grup bahan untuk membuat lontongnya, dan 1 grup llagi berisi bahan-bahan untuk membuat isian resep lontong isinya.

Bahan untuk lontong

~ 375 gr – Beras
~ 950 ml/cc – Air
~ 1 buah – Santan kara ukuran 65ml
~ ½ sdt – Garam (secukupnya)
~ 1 lbr – Daun salam
~ 1 sdm – Air kapur sirih / air apu

note:
~ Air kapur sirih/air apu dipakai saat mencuci beras. Fungsi air apu supaya nanti lontongnya menjadi kenyal
~ Saat proses pengaronan nasi, harap sering dicek sambil diaduk aduk, dan jangan sampai bagian bawahnya gosong
~ Saat nasi aron masih dalam keadaan panas kita bisa menumbuknya supaya lebih mudah

Bahan isian lontong:

~ 250 gr – Daging ayam filet
~ 10 buah – Buncis
~ 1 buah – Wortel
~ 1 buah – Kentang
~ 5-6 buah = Bawang merah
~ 3-4 buah – Bawang putih
~ 2 buah – Cabe rawit merah (optional)
~ 200 ml/cc – Air
~ ½ sdt – Garam
~ ½ sdt – Merica/lada bubuk
~ 1 sdt – Kaldu ayam bubuk
~ 2sdm – Gula pasir
~ 1 lbr – Daun salam
~ 1 lbr – Daun jeruk
~ 1 btng – Sereh (digeprek)

Nah itu semua bahan-bahan yang harus Bunda siapkan. Jadi tinggal ditonton aja dulu videonya 1 atau 2x sebelum melakukan praktek biar proses pembuatanya nanti tidak keder/kaku.

Oh iya, jangan lupa untuk melihat resep-resep lainnya dari dapur Bayi7.com yang sudah kita share juga disini. diantaranya ada :

Semoga bermanfaat yah. Semoga keluarga dirumah suka dengan resep lontong isi ayam dan sayur yang kita hadirkan disini. Resep ini juga pasti bermanfaat saat kita hendak mengadakan hajatan, arisan, pertemuan, atau untuk usaha sekalipun.


(Visited 931 times, 1 visits today)