Sepatu Untuk Bayi

Memilih Sepatu Bayi Untuk Anak Anda

Bayi Anda sudah bisa berjalan, Anda harus mulai membeli sepatu untuk bayi Anda. Walaupun bayi Anda pada dasarnya dapat berjalan tanpa alas kaki untuk belajar keseimbangan, tapi akan lebih baik bila menggunakan sepatu untuk mencegah cedera dari goresan lantai atau benda kasar lainnya. Ketika belajar berjalan dan keseimbangan, berjalan tanpa alas kaki membantu bayi dalam menapak kaki dengan sempurna. Untuk memilih sepatu bayi, sepatu bayi memilih nyaman dan fleksibel, sehingga bayi Anda dianjurkan untuk memakai berjalan. Anda harus memilih bahan yang memiliki sepatu pernapasan lubang sehingga kaki tidak terlalu panas bayi Anda di dalamnya.

Sepatu bayi
Sepatu bayi

Perlu Ibu tahu bahwa sepatu bayi tidak sama dengan sepatu dewasa atau sepatu anak-anak. Bayi tidak harus menggunakan sepatu untuk waktu yang lama. Ketika membeli sepatu bayi, cobalah pada kaki bayi anda. Periksa ukuran sepatunya supaya tidak terlalu kecil. Bayi tumbuh lebih cepat dari apa yang Anda bayangkan, sehingga sepatu bayi harus cukup untuk mengakomodasi pertumbuhan kakinya, jika tidak, anda mungkin harus membeli lebih dari satu pasang sepatu dalam satu bulan. Jadi pilihlah sepatu yang fleksibel di semua sisi.

Pilih sepatu yang tidak berendaatau bertali karena dapat menyangkut pada kaki bayi anda atau terinjak. Pilih sepatu yang diproduksi oleh pabrik-pabrik yang memperhatikan desain dan bahan sepatu untuk kesehatan bayi dan bukan pabrik yang dihasilkan oleh kepentingan bisnis saja.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu anak :

  1. Sol sepatu harus lemas dan mudah dibengkokkan, agar dapat mengikuti gerak telapak kaki.
  2. Sepatu sebaiknya tidak bertumit tinggi. Tinggi tumit sebaiknya tidak lebih 3,8 cm
  3. Bagian belakang sepatu yang memegang tumit bagian atas harus luwes, agar tumit anak tidak terjepit kaku dan dapat bergerak agak leluasa ke kiri atau kekanan
  4. Alat pengancing sepatu harus mudah diubah sesuai keinginan anak. Alat pengancing dari gesper atau dari bahan yang dapat direkatkan lebih mudah daripada tali
  5. Sol sepatu bagian atas sebaiknya tidak memiliki lipitan atau jahitan yang kasar, karena hal ini dapat melukai kaki anak.
  6. Lekukan pada sepatu harus memiliki bentuk yang sesuai dengan lekukan kaki
  7. Sepatu sebaiknya memiliki ruang yang memungkinkan kaki anak dapat leluasa bergerak dan tidak menghalangi pertumbuhan kakinya.

Hindari membeli sepatu yang kebesaran atau kekecilan, jika orangtua tidak dapat menentukan ukuran kaki anak dengan tepat. sepatu yang terlalu besar akan dengan mudah terlepas, dan kaki anak sering tergelincir ke depan. Apalagi jika anak memakai sepatu yang terlalu kecil, kakinya akan terkekang dan pertumbuhan kakinya akan terganggu. Sebaiknya orangtua sering memeriksa perkembangan ukuran kaki anak, karena biasanya akan bertambah dua atau tiga nomor setiap tahun.


(Visited 36 times, 1 visits today)