Supaya Balita Suka Makan Sayuran

Supaya Balita Suka Makan Sayuran

Anak-anak atau balita biasanya kurang suka untuk mengkomsumsi sayuran, hal ini dapat mengganggu pertumbuhan pada anak anda sehingga anak anda cenderung kurus atau kekurangan nutrisi yang terdapat pada sayur-sayuran.

Oleh sebab itu anak-anak perlu dibiasakan untuk mengkomsumsi sayuran sejak dini hal ini perlu dilakukan agar kelak setelah besar nanti suka mengkomsumsi sayur-sayuran, biasanya anak enggan mengkomsumsi karena tidak menyukai rasanya atau tidak menyukai bentuknya akan tetapi bunda dapat menyiasati bentuk dan juga rasanya sehingga anak menjadi suka terhadap sayur-sayuran.

Berikut ini adalah beberapa cara agar anak mau mengkomsumsi sayur-sayuran, yaitu:

Sajikan dalam bentuk permainan yang menarik.
Dunia anak identik dengan bermain. Tak ada salahnya mencoba menampilkan wortel dalam bentuk bunga, buncis menyerupai bentuk dinosaurus, atau jus sayuran berhiaskan sedotan warna-warni.

Makanan yang sederhana.
Anak-anak cinta kesederhanaan, maka sajikan sayuran secara sederhana. Tak perlu terlalu banyak bumbu atau cara olah yang rumit. Biarkan si kecil menikmati rasa manis wortel kukus, atau rasa khas bayam berkuah bening.

Pilih alat makan sesuai seleranya.
Saat ini banyak alat makan seperti piring maupun sendok yang bergambar aneka karakter tokoh kartun. Nah, kita bisa menggunakan alat-alat tersebut sebagai salah satu daya tarik anak untuk mengonsumsi buah dan sayur.

Ciptakan suasana menyenangkan di meja makan.
Anak akan merasa nyaman sehingga ia bernafsu untuk makan. Nafsu yang besar membuat anak lebih mudah mengonsumsi apa saja yang terhidang, termasuk sayur.

Variasi Menu
Sebaiknya anda jangan memaksa anak anda, biarkan anak anda makan sesuai kemampuannya, dengan memberikannya bertahap dan mengganti menu setiap hari akan menjadikan anak anda mengenali jenis sayuran yang mereka sukai.


(Visited 76 times, 1 visits today)