Supaya Bayi Tidur Nyenyak

Supaya Bayi Tidur Nyenyak

Sebagian besar waktu bayi dihabiskan untuk tidur, karena tidur merupakan prioritas utama pada bayi,  proses tidur bayi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi, para orang tua harus memastikan bayinya dapat tidur dengan baik pada siang hari dan juga pada malam hari.

Pemenuhan waktu tidur bayi menjadi penting terkait pertumbuhannya. Semakin muda usia, semakin panjang waktu tidurnya. Bayi memiliki waktu tidur 16-20 jam. Untuk bayi baru lahir, usia 0-4 bulan, bayi tidur sesuai irama sirkadian atau jam biologis tubuh. Jadi, orangtua hanya bisa mengikuti jam tidur bayi. Supaya bayi bisa tumbuh secara optomal.

Waktu tidur bayi:

• Usia 1 bulan 15 ½ jam per hari

• Usia 3 bulan 15 jam per hari

• Usia 6 bulan 14 ½ jam per hari

Berikut ini adalah proses orang tua untuk menidurkan bayi hingga ia bisa tertidur hingga nyenyak, yaitu:

  • Bayi tidak dapat berkata “Aku ngantuk,” tapi dia menunjukkan kepada Anda dengan mengusap matanya dan menguap. Begitu dia menguap ketiga kalinya, baringkan dia di tempat tidur. Bila tidak, dia akan menangis.
  • Saat ini bayi memusatkan pandangannya pada satu titik seperti melamun, selama 3-4 menit. Matanya terbuka, tapi dia tidak sungguh-sungguh melihat.
  • Sekarag bayi seperti mengangguk-angguk tertidur. Dia memejamkan matanya, kepalanya jatuh ke samping. Tepat ketika tampak tertidur, tiba-tiba matanya terbuka dan kepalanya tersentak. Kemudian dia menutup mata kembali dan mengulangi seluruh proses itu 3-5 kali lagi sampai benar-benar tertidur.
  • Pastikan bayi anda sudah tertidur dengan baik agar bayi anda bisa tidur lebih nyenyak.

Pola tidur bayi sangat berbeda dengan tidur pada anak, remaja, dan orang dewasa. Pola tidur pada bayi dimulai sejak di dalam kandungan, sebelum lahir. Namun setelah bayi berusia empat bulan, Anda mulai bisa mengatur waktu tidurnya. Anda bisa mengatur kapan bayi harus tidur dan bangun. Pastikan bayi memenuhi kebutuhan tidur dengan baik.


Bunda, jangan lupa SHARE terus artikel ini jika dirasa bermanfaat, dan supaya manfaatnya tidak berhenti sampai disini saja. Dan semoga buah hati kesayangan bunda semua selalu diberikan kesehatan, AMIN.

Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.