Tanda-Tanda Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Kenali, tanda-tanda Alergi Susu Sapi Pada Bayi. Susu merupakan cairan bergizi dan sehat, Susu sendiri merupakan makanan utama bayi yang baru lahir, yaitu ASI. Komponen senyawa lengkap di dalamnya mempu menopang pertumbuhan gizi pada bayi dengan baik. Salah satu jenis susu yang paling banyak dikonsumsi adalah susu sapi. Namun tidak semua anak balita bisa mengkomsumsi susu sapi. Ini disebabkan karena, ada sebagian Balita yang ternyata alergi terhadap susu sapi.

Alergi susu sapi pada bayi
Alergi susu sapi pada bayi

Alergi susu sapi pada bayi terjadi ketika sistem kekebalan /immune system tubuh si bayi salah dalam menilai atau merespon kehadiran zat yang terkandung dalam susu sapi tersebut. Sehingga imune sistem menyangka kandungan zat yang terkandung pada susu sapi tersebut adalah zat yang dianggap membahayakan bagi tubuh dan ia bereaksi untuk melawannya. Ini akhirnya memicu reaksi alergi, yang menyebabkan si bayi rewel, gelisah, atau timbul gejala atau tanda alergi susu sapi pada bayi lainnya seperti muntah, ruam, atau fases yang tidak terlihat wajar saat bab.

Tanda atau Gejala Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Alergi pada susu sapi umumnya sering ditemui pada bayi usia diatas 6 bulan hingga 1 tahun. Karena usia 0 sampai 6 bulan bayi hanya mengkonsumsi ASI, tidak ada yang lain. Sedangkan pada usia 1 tahun keatas biasanya alergi susu sapi pada bayi ini biasanya sudah hilang, meski setiap anak mempunyai perbedaan waktu kapan alergi terhadap susu sapi tersebut akan hilang.

Perlu Anda ketahui, sebuah penelitian menunjukan fakta bahwa, 30-40% anak yang alergi terhadap susu sapi ternyata alergi juga terhadap susu kedelai. Sehingga anak tersebut akan sensitif juga terhadap semua produk yang berasal dari kacang kedelai. Diketahui, alergi terhadap susu tersebut terjadi karena sistem imun bayi salah menduga bahwa protein yang terkandung pada susu adalah benda asing yang dapat membahayakan bagi tubuh. Sehingga imun pun akan bereaksi, dan munculah gejala alergi.

Reaksi alergi anak terhadap susu sapi mungkin bisa berbeda-beda. Ada yang bisa timbul langsung setelah meminumnya, atau bisa hingga 7-10 hari sesudahnya. Biasanya, gejala alergi susu sapi pada bayi ini memang sulit terdeteksi karena hampir sama dengan gejala gangguan kesehatan lainnya. Gejala yang timbul akibat susu sapi bahkan bisa muncul 7-10 hari setelah mengkonsumsi susu tersebut. Dan berikut ini beberapa tanda atau gejala akibat alergi dari susu sapi:

  • Feses menjadi cair / diare, kemungkinan mengandung darah
  • Muntah
  • Ruam atau bercak merah pada kulit bayi
  • Mungkin juga bisa terjadi bengkak dipermukaan kulit
  • flu
  • Merasa Gelisah karena ketidak nyamanan pada tubuh, mungkin mulas

SEE MORE: ALERGI PADA BAYI – MENGENAL PENYEBAB DAN GEJALANYA

Alergi susu sapi pada umumya bisa juga terjadi pada bayi yang memiliki bakat alergi yang diturunkan oleh salah satu atau pun kedua orang tuanya. Hal ini disebabkan masalah alergi ini erat kaitannya dan dipengaruhi oleh faktor genetik .

Bayi yang alergi susu sapi biasanya mengalami alergi terhadap makanan lainnya. seperti yang tadi kita sebutkan. Jika ia alergi juga terhadap susu kedelai, maka kemungkinan dia akan sensitif juga terhadap makanan yang berasal dari olahan kedelai. Jadi sebaiknya hindari dahulu makanan yang berasal dari bahan-bahan tersebut sampai dia cukup umur.

Itulah beberapa informasi ringan yang bisa Admin sampaikan untuk Anda semua. Kita harapkan, semua buah hati kita selalu dalam keadaan sehat walafiat tanpa mengaami hal-hal yang tidak kita inginkan. Akhir kata, semoga artikel mengenai “Alergi Susu Sapi Pada Bayi” ini bermanfaat bagi kita semua. Semoga bermanfaat.


Tidak menemukan yang Anda cari, maka cari disini:
Custom Search

Related Post