Tips Agar Anak Sopan Saat Berada di Meja Makan

Mengajari Anak Makan Sendiri

Mengajarkan anak untuk makan sendiri memang gampang-gampang susah. Karena diperlukan kesabaran yang cukup ekstra untuk menghadapinya. Bunda tidak bisa mengharapkan si kecil makan cepat-cepat atau meninggalkan mereka makan sendirian. Bisa-bisa isi kecil bermain dengan benda lain selain makanannya. Yang paling baik adalah mendampingi mereka saat makan, Mengajarkan makan pada si kecil sebaiknya dilakukan sejak sedini mungkin, yaitu sejak ia bisa memegang sesuatu, saat usia 8 hingga 10 bulan. Awali dengan mengajarkan si kecil memegang makanan kering atau finger food yang bisa digenggamnya, misalnya, biscuit atau cracker. Anak yang sudah bisa memegang sesuatu,  biasanya juga mulai meniru orang dewasa. Bahkan hampir semua yang dipegang dimasukkan ke dalam mulutnya. Saat itulah Bunda bisa melatihnya untuk mulai makan sendiri.

Melatih Anak Makan Sendiri
Melatih Anak Makan Sendiri

Beberapa tips saat si kecil makan di meja makan :

  • Tidak perlu memaksa anak makan dengan mulut tertutup di usia sebelum 3 tahun, karena anak masih dalah tahap belajar mengunyah.
  • Makan di meja makan  dengan kursi khusus (high chair) sehingga anak mudah menjangkau makanannya.
  • Porsi makan yang cukup, sehingga anak tidak memainkan makanannya.
  • Ajarkan menggunakan sendok dan garpu. tidak apa bila Anak anda belum bisa makan dan sedikit tercecer, ajarkan anak untuk tidak mengaduk-adukan makannanya karena bisa membuat orang lain jijik.
  • Jauhkan mainan, Jelaskan tidak ada aktivitas lain pada saat makan.
  • Tegur bila anak anda bicara saat dia makan, karena bisa tersedak.
  • Ajarkan penggunaan kata ‘tolong’ untuk meminta bantuan saat mengambilkan makanan, ‘terima kasih’ bila sudah diambilkan makannya, dan ‘maaf’ bila tiba-tiba Anak Anda bersendawa.
  • Bantu Anak memilih makanan sehat yang umumnya disukai oleh anak Anda, misalnya smoothie buah dengan rasa buah-buahan yang memiliki rasa yang manis dan segar.

Biarkan si kecil melakukan usahanya sendiri terlebih dahulu. Jika ia sudah lelah, maka bantulah si kecil untuk menyendokkan makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Hal itu akan mengajarkan kemandirian pada si kecil.


(Visited 49 times, 1 visits today)