Tips Agar Balita Mau Minum Susu

Tips Agar Balita Mau Minum Susu

ASI ekslusif memang bagus untuk bayi agar daya tahan tubuhnya kuat, namun ASI ekslusif hasa bisa dilakukan selama enam bulan saja dan biasanya balita agak susah untuk pindah ke susu formula. Susu Formula juga harus diberikan sebagai pendamping asi selain itu Balita membutuhkan kalsium dalam jumlah banyak untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat.

Jumlah asupan kalsium yang disarankan bagi batita (1-3 tahun) adalah 500 mg per hari. Itu setara dengan 2-3 gelas susu atau produk olahannya per hari.

Berikut ini adalah beberapa tips agar balita mau minum susu, yaitu:

  • Campurkan susu dengan sereal yang disukai oleh anak-anak dan hindari mereka dari konsumsi minuman manis berperisa seperti, soda, sirop dan lain sebagainya yang dapat menyebabkan anak enggan minum susu.
  • Berikan gelas khusus susu dengan desain dan warna menarik. Bila perlu, gelas dengan gambar tokoh favoritnya agar acara minum susu berubah menjadi ritual menyenangkan bagi si Kecil.
  • Coba rubah cara pemberian susu pada si Kecil. Misalnya, jika biasanya ia minum susu hangat, sesekali coba beri susu dingin. Ibu juga bisa “mengemasnya” dalam bentuk milk shake, fruit smoothie, atau puding.
  • Coba berkreasi aneka menu makanan atau snack yang menggunakan susu, misalnya krim sup, salad, aneka pasta, dan lainnya. Jangan bosan ya mampir ke toko buku atau browsing resep-resep balita di internet agar Ibu makin kreatif.

Seperti yang diketahui, susu memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan anak, seperti protein, vitamin, kalsium, magnesium fosfor, dan kalium yang pastinya dapat membantu anak-anak menjadi lebih sehat dan kuat. Apalagi sarapan dengan segelas susu setiap paginya bisa meningkatkan konsentrasi dan membuat anak menjadi lebih fokus dalam aktivitas belajarnya di sekolah.

Sebaiknya orang tua memberikan susu secara perlahan-lahan agar anak terbiasa dan mau meminum susu, selain itu kreativitas sang ibu juga dibutuhkan agar sang anak mau mengonsumsi susu setia harinya.

Related Posts:

  • No Related Posts
This entry was posted in Ibu dan Bayi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.