Tips Agar Bayi Cepat Merangkak

Tips Agar Bayi Cepat Merangkak Dengan Benar

Para orangtua pasti mengiginkan bayinya tumbuh dengan cepat salah satunya adalah merangkak. Merangkak adalah cara bayi untuk berkeliling di lingkungan sekitarnya secara mandiri untuk pertama kalinya. Dengan merangkak dia akan belajar untuk menyeimbangkan antara tangan dan lututnya. Kemudian dia akan belajar mengenai bergerak ‘maju’ dan ‘mundur’.

Bayi-Belajar-Merangkak
Bayi-Belajar-Merangkak

Tetapi cara merangkak pada tiap anak berbeda-beda, ada yang seperti ulat menggeser-geserkan perutnya, ada yang seperti posisi duduk namun dapat bergerak maju. Ada juga yang melewati tahap ini, dan langsung berusaha menarik tubuhnya untuk berdiri dan merayap.

Bayi akan mulai belajar untuk merangkak setelah mereka dapat duduk dengan baik tanpa bantuan. Pada masa ini mereka sudah dapat menahan kepala dan menoleh dengan baik, dan otot-otot tangan dan kakinya sudah cukup kuat menahan mereka agar tidak jatuh.

Berikut ini adalah tips agar bayi Anda cepat bisa merangkak, yaitu:

  • Sering tengkurapkan (tummy time) bayi sejak dini, yang merangsangnya untuk mengangkat tubuh, mengangkat kepala dan bergerak dengan perutnya, yang merupakan cikal bakal merangkak.
  • Letakkan mainan di depan bayi dan ambil perhatiannya , Sebaiknya berilah mainan didepannya agar bayi anda menjadi tertarik dan ingin menggapainya.  Jika selalu anda latih seperti ini akan mempermudah bayi untuk merangkak.
  • Hindari baby walker dan sering turunkan bayi dari stroller atau gendongan untuk diletakkan di ruangan luas dan bersih untuk merangsangnya merangkak. Sediakan alas matras atau karpet dan aman dari benda-benda berbahaya, seperti stop kontak.
  • Berilah contoh, Jika anda ingin membuat anak anda merangkak lebih cepat maka berikanlah contoh merangkak, biarkanlah anak anda melihat anda merangkak, atau mungkin anda dapat merangkak bersama-sama dengan anak anda
  • Pijat pada bayi, lakukanlah pijat pada bayi agar mempermudah bayi anda untuk merangkak, pijat bayi tidak perlu selalu dilakukan ke dukun tradisional, anda dapat melakukan pijitan itu sendiri
  • Jangan terlalu sering menggendong bayi, karena akan membuat bayi anda malas untuk belajar merangkak.

Setiap bayi memiliki perkembangan dan kemampuan yang berbeda-beda dalam mencapai setiap proses pertumbuhannya. Namun jika sampai saatnya bayi terlihat tidak memiliki kemauan untuk berkeliling dengan menggerakan tubuhnya (dalam arti merangkak, merayap, atau apapun cara mereka untuk bergerak), perhatikan gerakan tangan dan kakinya, perhatikaan koordinasi tubuhnya, dan bawahlah dia menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.


(Visited 1,594 times, 20 visits today)