Tips Agar Bayi Tidur Dengan Nyenyak Di Malam Hari

Tips Agar Bayi Tidur Dengan Nyenyak Dan Tidak Rewel Di Malam Hari

Ketika malam datang seringkali orangtua tidak dapat tidur dengan nyenyak karena bayinya sering terbangun pada tengah malam. Jika orangtua ingin bayinya tidur lebih lama di malam hari, maka ubahlah cara tidur bayi pada siang hari sehingga bayi tidur lebih nyenyak pada malam hari.

Tips-agar-bayi-tidur-nyenyak

Tips-agar-bayi-tidur-nyenyak

Bayi yang diberi makan sesuai dengan waktunya saat bayi lapar dan menggendongnya dipangkuan ibu selama siang hari akan membuat tidur siangnya seperti pola tidur-tidur ayam. Ini akan berguna untuk menghemat waktu tidurnya dan akan memiliki waktu tidur malam yang lebih lama.

Sebetulnya siklus tidur bayi lebih singkat daripada siklus tidur orang dewasa, karena bayi memiliki masa tidur yang tidak lelap lebih banyak dibandingkan tidur lelapnya. Karena definisi medis untuk tidur sepanjang malam adalah tidur dalam waktu lima jam terus menerus.

Berikut ini Tips agar bayi anda tidur dengan nyenyak, yaitu:

  • Terapkan pola tidur malam untuk bayi. Pola tidur ini bisa dimulai sejak bayi baru lahir/ newborn.
  • Lakukan perawatan bayi secara teratur. Mandikan bayi dengan air hangat dan sabun khusus bayi yang lembut di kulit sambil dipijat dengan lembut dengan baby oil.
  • Saat bayi anda tidur, hindari sinar terang benderang atau suara-suara yang dapat menstimulasi bayi untuk tetap terjaga.
  • Berikan susu (ASI atau Formula) menjelang jam tidur agar bayi tidak terbangun karena lapar. Ketika bayi sudah lebih besar, berilah makan lebih banyak maka dia akan tidur sepanjang malam
  • Buatlah bayi terjaga selama mungkin pada siang hari. Jika bayi tidur siang/sore lebih dari 3 jam, bangunkanlah dan ajak bayi anda bercanda atau bermain selama beberapa saat.

Menciptakan suasana yang aman dan nyaman adalah cara terbaik untuk membuat bayi lebih cepat tidur dan jangka waktu tidurnya lebih panjang, sehingga bayi tidak akan sering terbangun di malam hari. Demikian beberapa tips agar bayi anda tidur nyenyak dan tidak rewel dimalam hari. Semoga bermanfaat.

Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.