Tips Memandikan Bayi

Tips Memandikan Bayi Dengan Benar dan Aman

Memandikan bayi bisa menjadi momen yang sangat menyenangkan, akan tetapi untuk ibu baru mungkin bisa jadi menakutkan karena belum terbiasa memandikan bayinya. Namun dengan kemauan dan latihan untuk memandikan si kecil dengan cara perlahan-lahan nantinya para ibu baru akan terbiasa dengan sendirinya memandikan si kecil.

Memandikan-bayi
Memandikan-bayi

Sebelum memandikan si kecil para ibu harus menyiapakan beberapa perlengkapan yang dibutuhkan untuk memandikan bayi, diantaranya:

  • Bak mandi dengan air hangat
  • 2 buah ember kecil plastik untuk menyimpan baju kotornya
  • Handuk lembut (pilihlah handuk khusus bayi yang lembut)
  • Washlap
  • Sabun mandi cair dan sampo
  • Pakaian bersih
  • Perlengkapan mandi
  • Minyak telon

Nah setelah semua perlengkapan bayi selesai, saatnya memandikan bayi Anda  dengan mengikuli langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Tuangkan air dingin ke dalam ember mandi si kecil, kemudian tambahkan dengan air panas (jangan menambahkan air panas terlebih dahulu untuk menghindari bayi terjatuh ke dalam ember air yang berisi air panas, atau para ibu lupa menambahkan air dingin ke dalam air panas yang ada di ember).
  2. Air untuk mandi sebaiknya tidak terlalu panas atau terlalu dingin ( para ibu bisa tes air dengan menggunakan siku)
  3. Bersihkan kedua mata bayi dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat, sebaiknya menggunakan kapas yang berbeda untuk masing-masing mata bayi Anda.
  4. Bersihkan lubang hidung engan kapas yang berbeda untuk masing-masing lubang hidung.
  5. Bersihkan bagian luar telinga si kecil dengan cotton buds yang dicelupkan dengan baby oil ( hanya membersihkan bagian luarnya saja)
  6. Bersihkan bayi anda di mulai dari alat kelaminnya, pantat, dan lipatan-lipatan yang ada di tubuhnya.
  7. Kemudian sabuni tubuh bayi dengan mengunakan sabun bayi dan beri sampo pada rambutnya, untuk bayi yang baru lahir bisa mengunakan sampo yang skaligus merupakan sabun yang bisa ditemui di supermarket atau di toko perlengkapan khusus bayi.
  8. Angakat bayi, lalu sangga kepala dan lehernya dengan satu tangan, jepitkan jemari tangan kita dibagian ketiak bayi untuk mengunci gerakan bayi.
  9. Turunkan tubuh bayi ke dalam ember secara perlahan-lahan.
  10. Tatap terus mata bayi anda supaya ia merasa nyaman dan supaya tidak menangis.
  11. Gunakan waslap untuk menghilangkan sampo di rambutnya.
  12. Bersihkan punggung bayi dari sabun dengan cara membaliknya, caranya : balikan badan bayi, lalu sangga dengan tangan kita sambil tetap memegang erat ketiaknya.
  13. Setelah selesai cepat-cepat bungkus tubuh si kecil dengan handuk kering agar dia tidak kedinginan.
  14. Segera keringkan tubuh si kecil, lalu oleskan dengan minyak telon, lalu pakaikanlah baju, dan yang terakhir sisirlah rambut Bayi Anda.

Semoga tips diatas bermanfaat bagi para ibu yang baru memiliki bayi saat memandikan bayinya dan si kecil tetap aman.


(Visited 41 times, 1 visits today)