Tips Memilih Nama Bayi Untuk Anda Calon Orang Tua

Tips memilih nama bayi berikut ini mudah-mudahan bermanfaat sebelum kita mulai mencari, memilih, dan menentukan nama untuk sang buah hati kita. Meski sebenarnya proses pemilihan nama bayi adalah pekerjaan yang menyenangkan, namun terkadang menjadi pekerjaan yang tidak mudah juga untuk dilakukan.

Saat kita membuat nama, ada begitu banyak pertimbangkan yang harus dipikirkan sebelum nama tersebut dibuat. Misalnya keinginan kita untuk membuat nama yang bagus saat diucapkan, juga keinginan kita supaya nama tersebut juga mengandung makna yang baik.

Tips memilih nama bayi
Tips memilih nama bayi
Image credit: Title: Baby, Thanks to Szymon Szymon, source: www.freeimages.com/photo/my-daughter-1440088

Belum lagi jika ada masukan dari pasangan, orang tua, dan saudara yang mesti kita dengarkan juga, yang membuat kita kesulitan untuk menentukan nama untuk sang bayi. Nah untuk itulah, semoga tips memilih nama bayi berikut ini bisa membantu Anda.

Tips Memilih Nama Bayi Untuk Buah Hati Anda

Berikut ini adalah beberapa tips untuk anda dalam membantu, membuat dan mengambil keputusan yang tepat dalam memilih nama bayi untuk anak anda:

1. Sedikit bersabar dan jangan terburu-buru dalam memilih nama bayi

Tips memilih nama bayi yang pertama adalah sabar dan jangan terburu-buru. Caranya tentu memikirkannya jauh-jauh hari sebelum bayi Anda lahir. Dengan demikian, diharapkan kita bisa berembuk dengan pasangan kita dengan lebih leluasa membuat 2 atau 3 nama pilihan.

2. Bicara tentang “Apakah laki-laki atau perempuan?”

Bicaralah dengan pasangan Anda, keluarga dan teman-teman untuk membuat sebuah pesta kecil tentang penamaan bayi. Kemudian minta mereka menuliskan beberapa buah nama bayi, baik itu nama bayi laki-laki atau nama bayi perempuan yang menurut mereka baik.

Kemudian anda tinggal menentukan nama-nama bayi mana saja yang menurut anda dan pasangan anda bagus buat nama bayi anda nantinya.

Kalaupun jika masih dirasa kurang cocok maka anda bisa mengambil inspirasi dari beberapa nama yang sudah teman atau saudara anda berikan. Caranya, Anda bisa mengambil sebagian nama yang menurut anda bagus untuk dijadikan nama depan ,tengah atau nama belakang saja.

3. Jangan memberi nama yang tak biasa

Sangat luar biasa apabila orang tua dapat memberikan nama bayi yang kreatif untuk anak yang dicintainya, meski terkadang hal itu tidak selalu baik untuk sang anak.

Hindari nama yang terlalu aneh dan sulit untuk di Eja, karena hal tersebut justru akan membuat anak anda sangat sulit untuk mengejanya bahkan mengingatnya. Bahkan nama yang yang tak biasa lebih rentan terhadap ejekan yang mungkin bisa mempengaruhi psikologis anak Anda .

Jadi, buatlah nama anak anda sekreatif mungkin namun tetap mudah untuk diucapkan.

4. Nama bayi yang mempunyai makna

Tips memberi nama bayi yang ke empat adalah memberi nama yang mempunyai makna yang bagus. Akan lebih baik jika nama yang bagus saat diucapkan juga bagus dalam makna yang terkandungnya. Misalnya adalah nama-nama bayi islami.

Berikanlah nama yang mengandung sifat-sifat yang baik, agar anak anda kelak dapat bersifat seperti yang diberikan pada namanya, atau paling tidak, bisa menjadi kontrol prilaku dia di masa yang akan datang.

Sebagai contohnya Anda bisa melihatnya disini : Rangkaian nama bayi islami

5. Nama Populer belum tentu menyenangkan

Sebuah nama bayi yang unik akan membuat anak Anda menonjol dan merasa ekstra istimewa. Namun apakah anda juga siap jika menggunakan nama yang terlalu populer maka, mungkin saja terjadi suatu keadaan dimana dalam satu kelas terdapat 3 atau 4 nama yang sama?

6. Mencari Rujukan Arti Nama Bayi dari Beberapa Sumber

Mencari rujukan dari beberapa sumber tentang arti dari nama bayi yang akan anda berikan sangatlah penting. Karena anda tentu tidak ingin nama bayi yang anda berikan ternyata mempunyai makna yang buruk. Jadi jangan biaskan ini terjadi dan dan berujung pada sebuah penyesalan.

Apabila Anda sudah membuat nama, maka ada baiknya anda tanyakan kembali ke teman anda, kerabat atau anda bisa mencarinya di Internet tentang arti dari nama bayi yang sudah anda buat tersebut.

jika nama yang terpilih memang mengandung arti yangbaik atau sesuai dengan apa yang kita pikirkan, maka anda dengan tenang bisa memberikannya untuk bayi tercinta anda


Kami tahu ini bukan keputusan yang mudah. Kami juga tahu bahwa anda tentu ingin memberikan nama terbaik untuk anak kesayangan anda.

Jadi disini Bayi7.com akan memberikan masukan nama-nama bayi beserta artinya yang kami temukan dari beberapa sumber, baik dari buku, atau media online. Jika anda sudah siap hunting nama bayi pilihan anda, berikut link nya :

  1. Nama Bayi Perempuan
  2. Nama Bayi Laki-laki

Akhir kata, semoga tips memilih nama bayi ini bermanfaat untuk sahabat semua.


(Visited 582 times, 1 visits today)