Tips Memotong Kuku Bayi

Tips Memotong Kuku Bayi

Apakan para Ibu tahu, ketika lahir bayi sudah memiliki kuku bahkan ada beberapa bayi yang kukunya sudah panjang, walaupun kuku bayi masih sangat lunak, namun ternyata dapat melukai bagian kulit bayi seperti tergores pada pipinya.

Bayu biasanya akan bergerak-gerak dan tidak mau diam ketika akan dipotong kuku tangan atau kakinya namun waktu terbaik untuk bayi manicure dan pedicure adalah setelah mandi. Kuku bayi yang melunak setelah mandi, membuat mereka mudah untuk dipotong. Jika bayi Anda tidak mau duduk diam, menggunting kuku pada saat tidur siang. Potong kuku bayi dapat dilakukan setiap dua minggu untuk bangun kesehatan bayi, terutama ketika bayi menggaruk tubuhnya. Jika bayi kuku panjang akan terjadi luka pada kulit bayi dan ini akan menyebabkan infeksi yang akan merugikan bayi.

Berikut ini adalah beberapa tips saat memotong kuku bayi, yaitu:

  • Gunting kuku bayi sehabis mandi. Pada saat itu kuku lebih lunak sehingga lebih mudah dipotong. Nah Anda akan lebih mudah juga memotong kukunya ketika ia tidur atau asyik menyusu.
  • Untuk menghindari terjepit atau memotong kulitnya dengan gunting, tekan secarik jari atau jari kaki ke bawah dan jauh dari kuku saat Anda langsing.
  • Jika Anda tanpa sengaja menggunting kulit bayi Anda, oleskan sedikit tekanan untuk memotong dengan sepotong kasa steril sampai perdarahan berhenti, lalu oleskan pada beberapa salep antibiotik.
  • Menggunakan gunting kuku bayi atau tumpul yang berhidung gunting, mengikuti lekuk alami kuku, tetapi memotong kuku kaki lurus (jika menggunakan gunting atau gunting membuat Anda tidak nyaman, Anda juga dapat mengajukan kuku bayi dengan papan amril lunak).
  • Jika dia tidak mau duduk diam, ada orang dewasa lain memegang bayi Anda, dengan lembut memegang lengannya masih sementara Anda bekerja di kukunya.
  • Kuku yang terinfeksi atau tumbuh ke dalam akan terlihat merah dan meradang di sekitar tepi, dan kulit di sekitar kuku akan terasa keras. Mungkin akan sakit bila disentuh. Memegang kompres hangat pada kuku dapat membantu menjernihkan masalah, tetapi pastikan untuk memberitahu dokter anak Anda tentang hal ini dalam kasus itu memerlukan perawatan tambahan, seperti antibiotik.

(Visited 48 times, 1 visits today)