Tips Menggunting Kuku Bayi

Tips Menggunting Kuku Bayi Yang Sudah Panjang

Banyak Para ibu mengabaikan untuk mengunting kuku bayinya dan dibiarkan memanjang, tapi jika kuku bayi terlalu panjang itu akan menyebabkan bayi terluka karena terkena kukunya sendiri. Selembut atau selunak apapun kuku bayi , tapi jika terlalu panjang tetap bisa melukai tubuhnya sendiri jika tercakar, jadi sebagai ibu yang cerdas jangan malas untuk memotong kuku bayi anda untuk menjaga kebersihan kuku sang bayi dan keamanan saat sedang melakukan aktivitas.

memotong-kuku-bayi
memotong-kuku-bayi

Berikut ini adalah beberapa tips  untuk menggunting kuku bayi Anda yang sudah panjang, yaitu :

  1. Gunakanlah gunting kuku berujung bundar untuk bayi.
  2. Pegang jari kaki atau tangan anak anda dengan salah satu tangan kita. Agar tidak memotong kukunya terlalu dalam, tekan kulit dibawah kuku agar mudah dipotong.
  3. Ratakan kuku bayi anda jika ada bagian kuku yang terasa tajam atau kasar, untuk jari tangan ikuti bentuk kuku tangan tetapi untuk jari kaki sebaiknya dipotong lurus.
  4. Periksalah hasil potongan, lalu haluskan dengan penghalus yang biasa ada dalam paket manicure bayi.
  5. Jika Anda tidak sengaja memotong kuku bayi anda terlalu pendek atau terlalu dalam, cobalah menekan-nekan hasil potongan dengan kain yang steril dan lembut sehingga bayi anda tidak merasakan sakit. apabila mengeluarkan darah dan meninggalkan bekas luka hentikan dengan kain atau tissu yang steril untuk menghentikan pendarahan pada kuku bayi anda.
  6. Jangan sekali-kal imenutup bekas potongan kuku dengan plester karena beresiko akan tertelan saat si kecil memasukan tangannya ke mulut.
  7. Jika bayi anda terlalu aktif dan sering bergerak sebaiknya menggunting kukunya saat ia sedang terlelap tidur.
  8. Gunting kukunya selesai mandi agar kukunya lebih lunak dan mudah untuk dipotong.
  9. Guntinglah kuku bayi anda sekali dalam seminggu, atau jika tumbuh panjang lebih cepat segera gunting kuku bayi anda.

Nah semoga tips yang ditulis diatas bermanfaat untuk anda dan bayi anda.


(Visited 49 times, 1 visits today)