Tips Saat Menyikat Gigi Bayi

Tips Saat Menyikat Gigi Bayi

Menyikat gigi bayi dan memberikan perhatian penuh untuk perawatan gigi itu lebih penting dari banyak orangtua sadari. Menjaga gigi bayi Anda bersih mungkin tidak selalu mudah ketika ia klem rahangnya tertutup, mungkin sulit untuk meyakinkan dia untuk membukanya tetapi mendapatkan rutin didirikan pada awal kehidupan dapat membuat segalanya lebih mudah di kemudian hari.

Ada beberapa yang harus Anda pertimbangkan saat menyikat gigi bayi. Karena ini sangat sensitif maka Anda menyentuh hati-hati dan memperhatikan setiap yang Anda lakukan. Gigi bayi adalah gigi primer, berarti bahwa gigi bayi akan hilang untuk memberikan ruang bagi gigi permanen. Ini tidak berarti,  bahwa gigi bayi tidak harus disikat dan ditangani dengan benar sebanyak gigi permanen.

Berikut adalah beberapa tips tentang menyikat gigi bayi Anda.

  1. Tempatkan anak Anda di antara kedua kaki Anda.
  2. Tempatkan kepala anak antara batang tubuh dan lengan Anda sehingga Anda mencegah kepala dari bergerak.
  3. Tahan kedua tangan anak bersama-sama di tangan kiri Anda.
  4. Ambil sikat gigi basah yang lembut. Pasta gigi tidak diperlukan pada usia ini. Pasta gigi mungkin menyengat mulut anak, menyebabkan tersedak, dan bahkan ditelan, yang bukan ide yang baik.
  5. Menggunakan tumit kuas, sikat geser antara bibir dan samping pipi. Putar sikat bulu sehingga bertentangan dengan gigi dan gusi, dan sangat cepat, bolak-balik, dengan lembut menggosok gigi dan gusi. Jika anak Anda menangis, bahkan mungkin lebih mudah, karena mulut sudah terbuka.

Menyikat gigi bayi ketika bayi sudah tumbuh gigi lebih dari dua bulan, sebaiknya dilakukan dua kali sehari, saat sebelum tidur dan setelah makan atau minum susu baik itu ASI ataupun susu formula di pagi hari.


(Visited 14 times, 1 visits today)