Tips Supaya Anak meninggalkan Dot

Menghentikan kebiasaan anak mengedot

Banyak  anak yang sudah terbiasa mengunakan dot susah untuk melepaskannya dari ketergantungan menghisap dot,  sehingga anak tersebut tidak terbiasa minum mengunakan gelas di kemudian hari, para orang tuapun mungkin dibuat bingung oleh prilaku anak-anaknya, namun para orang tua bisa mengunakan cara di bawah ini agar anak-anaknya bisa meninggalkan dotnya , yaitu:

menghentikan-kebiasaan-anak-mengedot

  1. Tarulah sesuatu yang asam atau pahit pada dot anak anda supaya rasanya tidak enak dan anak anda kapok untuk tidak kembali menghisap dotnya.
  2. Sembunyikanlah dot anak anda ketika anak anda sudah menginjak usia enam belas bulan atau lebih, supaya anak anda lupa terhadap dotnya.
  3. Beritahukan kepada anak anda bahwa ia sudah terlalu besar untuk memakai dot.
  4. memotong lepas ujung dari dot supaya tidak bisa dipakai lagi oleh anak-anak anda.
  5. Mengatakan pada anak anda bahwa dot terakhinya hilang atau rusak dan tidak ada pengganti lagi untuk dotnya.
  6. Lepaskan dotnya secara perlahan-lahan dari anak anda dengan cara melarangnya menggunakan dotnya selai pada jam tidur malam dan siang hari.
  7. Pujilah dan bila perlu beri hadiah saat anak berhenti tergantung pada dot. Ini akan membuatnya merasa bangga.
  8. Anak yang banyak aktivitas di siang hari akan lebih lelah di malam hari. Ia lebih mudah tidur di malam hari tanpa bantuan dot.
  9. Biasakanlah anak anda untuk minum menggunakan gelas supa anak anda lupa untuk memakai dotnya lagi.

Diatas adalah beberapa cara agar anak dapat meninggalkan dot, mulailah ajarkan anak anda minum dengan mengunakan gelas supaya kelak menjadi terbiasa dan lebih mandiri.


(Visited 64 times, 1 visits today)