Tips Supaya Bayi Tidak Sungsang

Tips Supaya Bayi Tidak Sungsang Sehingga Terlahir Normal

Para Ibu mungkin merasa panik jika bayi yang dikandungannya menjadi sungsang, tapi jangan terlampau hawatir dulu jika dokter belum mengatakan bahwa kondisi kehamilan Anda sungsang, karena sepanjang kehamilan anda belum memasuki bulan ke -9, keadaan tersebut masih terbilang normal.

Sungsang itu sendiri adalah kehamilan dengan janin yang membujur dalam rahim dengan bokong pada bagian bawah. Banyak faktor penyebabnya antara lain : Kelainan bentuk rahim, ibu ada tumor panggul, tumor rahim, Kehamilan kembar, faktor letak plasenta (ari-ari),Gerakan janin yang bebas : misalnya hamil dengan air ketuban yang berlebihan, janin kecil tidak sesuai dengan usia kehamilan, prematur, ibu yang sudah sering hamil, cacat  bawaan pada bayi misal ; kepala janin besar terisi cairan atau ada pula karena tulang tengkorak kepala bayi tidak terbentuk sempurna.

Tips-supaya-bayi-tidak-sungsang
Tips-supaya-bayi-tidak-sungsang

Pemeriksaan dengan cara manual perabaan dinding perut, dan dengan alat USG, pada saat pemeriksaan USG ini sekaligus untuk mengkonfimasi letak janin apabila pemeriksaan fisik tidak jelas, sekaligus dapat mengetahui bila ada cacat bawaan atau kelainan pada ari – ari.

Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan posisi bayi menjadi posisi anterior, yaitu posisi yang paling baik untuk persalinan. Jika bayi Anda telah menempati posisi terbaik, cara ini akan mempertahankan posisi janin.

  • Anda dianjurkan untuk menyandarkan panggul saat berdiri, duduk dengan lutut melebar dan lebih rendah dad panggul, serta berbaring dengan posisi menghadap ke kiri.
  • Anda dianjurkan untuk melakukan posisi bersujud (knee chest position), dengan posisi perut seakan-akan menggantung ke bawah.
  •  Usaha lain yang dapat dilakukan oleh dokter adalah mengubah letak janin sungsang menjadi normal dengan cara externalcephalic versin/ECV.

Mengingat persalinan sungsang  termasuk berisiko untuk keselamatan bayi, maka kehamilan pertama dengan letak sungsang sedapat mungkin dilahirkan di rumah sakit atau sarana kesehatan yang memenuhi syarat. Dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk Anda.


(Visited 150 times, 1 visits today)