Tumbuh Gigi Pada Bayi

Gigi Bayi


Mungkin artikel Tumbuh gigi pada bayi ini bisa menjawab pertanyaan Bunda yang bertanya-tanya, tentang kapan bayi tumbuh gigi ? Atau usia berapa bayi tumbuh gigi ? Apa yah ciri-ciri bayi tumbuh gigi ? Jika Bunda salah satu orang yang sedang bertanya masalah tersebut maka semoga artikel ini bisa membantu kegelisahan Bunda.

Ciri-Ciri Bayi Tumbuh Gigi

Gigi BayiWaktu tumbuhnya gigi pada bayi sangat bervariasi, bayi biasanya mulai tumbuh gigi sekitar usia 6 bulan. Dua gigi depan bawah (gigi seri bawah pusat) biasanya yang pertama muncul, diikuti oleh dua gigi depan atas (gigi seri tengah atas). Ciri-ciri klasik Bayi tumbuh gigi antara lain:

  • Sering meneteskan air liur
  • Suka menggigiti benda padat
  • Mudah marah atau mudah tersinggung
  • Nyeri atau nyeri gusi

Ketidak nyamanan pada proses tumbuh gigi ini sering membuat bayi menjadi tidak nyaman, bahkan sedikit rewel. Gejala tumbuh gigi pada bayi diatas sangat umum terjadi pada sang buah hati, gusi bayi mungkin akan terasa gatal, sehingga membuat anak sering menggigit-gigit benda yang ada disekitarnya, hal inilah salah satu yang menyebabkan bayi sering mengeluarkan atau meneteskan air liur yang berlebihan, dan pada akhirnya Bundalah yang harus rajin-rajin melap liur siBayi

Fase Pertumbuhan Gigi Bayi


Fase pertumbuhan gigi pada setiap anak atau bayi memang tidak sama, kira-kira pada usia 6 bulan gigi susu sudah mulai tumbuh. Setiap manusia hanya akan mendapatkan 2 set gigi selama hidupnya, yang pertama adalah gigi susu atau gigi sulung, dan fase inilah yang sedang buah hati Bunda lalui sekarang. Kemudian seiring bertambahnya umur maka gigi susu akan tanggal dan digantikan oleh set gigi kedua yang disebut gigi tetap atau gigi permanen.

Secara garis besar, fase pertumbuhan gigi pada bayi ini bisa dibagi menjadi 3 periode, berikut penjelasannya:

1. Periode Pertumbuhan Gigi Susu (0 – 5 tahun )

Tahap Tumbuh Gigi BayiGigi susu biasa disebut juga gigi sulung, kenapa disebut gigi susu adalah karena warna gigi susu sangat putih seperti susu. Jumlah dari gigi susu adalah 2o buah. Gigi susu ini mulai tumbuh setelah bayi berusia 6 bulan+, gigi susu ini terdiri dari 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring, dan 8 buah gigi geraham. Gigi susu ukurannya relatif kecil-kecil dan berjarak renggang satu sama lainnya, kenapa renggang adalah karena persiapan untuk tumbuhnya gigi tetap yang ukurannya jauh lebih besar dan rapat.

Gigi susu biasanya tumbuh secara berurutan, dimulai dengan gigi seri pertama bawah lalu gigi seri pertama bagian atas, selanjutnya pada usia satu tahun gigi seri kedua bagian atas dan bawah akan tumbuh, waktu tumbuh gigi ini akan berbeda pada setiap anak, tergantung situasi dan kondisi. Di usia 18 bulan biasanya gigi geraham pertama akan mulai tumbuh baik untuk yang atas maupun yang bawah, lalu kemudian diikuti dengan tumbuhnya gigi taring. Gigi terakhir yaitu geraham kedua akan tumbuh pada usia 2 tahun dan akan sempurna pada usia 2,5 sampai 3 tahun.

2. Fase Pertumbuhan Gigi Peralihan ( 6 – 14 Tahun )

Kenapa Tahap tumbuh gigi bayi ini disebut tahap atau periode pertumbuhan peralihan adalah karena pada masa ini gigi tetap akan mulai tumbuh menggantikan gigi susu, dan secara bertahap gigi susu akan goyang dan tanggal dengan sendirinya. Pada fase pertumbuhan gigi peralihan ini lingkar rahang anak akan mulai membesar, sehingga gigi tetap nanti akan bisa tumbuh dengan sempurna.

3. Fase Pertumbuhan Gigi Tetap ( 14 Tahun + )

Pada tahap ini semua gigi tetap atau gigi permanen sudah tumbuh dengan sempurna, jumlah gigi tetap ini berjumlah 32, yang terdiri dari, gigi seri 8 buah, gigi taring 4 buah, geraham kecil 8 buah, dan geraham besar sebanyak 12 buah.

Periksakanlah jika ada waktu ke dokter gigi, hal ini berguna supaya menghindari terjadinya kelainan gigi, seperti gigi yang tidak rata akibat terganggunya pertumbuhan gigi tetap akibat terhalang oleh gigi susu yang masih kokoh berdiri. Biasanya dokter akan mencabut gigi susu tersebut supaya gigi tetap bisa tumbuh dengan sempurna. Semoga artikel tumbuh gigi pada Bayi ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.


Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi, Kesehatan Bayi and tagged , , , . Bookmark the permalink.